1. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (1.1)
1.
Satuan Pendidikan : SMA ISLAM PB. SOEDIRMAN BEKASI I
2.
Mata Pelajaran :
BAHASA INGGRIS
3.
Kelas / prog. / smt : X / I
4.
Standar Kompetensi
Mendengarkan : Memahami makna dalam percakapan
transional dan interpersonal dalam kehidupan sehari-hari.
5.
Kompetensi Dasar
Merespon makna yang terdapat dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan
sederhana secara akurat lancar : berkenalan, bertemu / berpisah, menyetujui
ajakan tawaran / undangan, menerima fungsi dan membataslkan fungsi.
Indikator
·
Indikator 1 : Mengidentifikasi makna tindak tutur berkenalan
·
Indikator
2 : Merespon tindak
tutur berkenalan
·
Indikator3
: Mengidentifikasi makna tindak tutur menyetujui tawaran/undangan/ajakan
·
Indikator
4 : Merespon tindak tutur menyetujui tawaran/undangan/ajakan
·
Indikator
5 : Mengidentifikasi makna tindak tutur menerima janji
·
Indikator
6 : Merespon tindak tutur menerima janji
6.
Alokasi Waktu : 2 Jam
pelajaran x 45 menit ( 3 x pertemuan)
7.
Materi Pembelajaran
·
Pertemuan 1 : Mengungkapkan Berkenalan .
mis. A: Pleased to meet you!
B: Pleased to meet you too!
·
Pertemuan 2 : Menyetujui tawaran
mis. A: Come to my party.
B: Thanks for the invitation
·
Pertemuan 3 : Menerima janji
mis. A: I’ll get you the book.
B: It’s very kind of you.
Gambits dan dialog yang memuat ungkapan berkenalan
-
Excuse me. My name’s....
-
How do you do? My name is.....
-
Excuse me. I am........
-
Hello! I’m......
-
Hi! I’m.......
-
May I introduce myself........
-
First let me introduce myself.....
-
Allow me to introduce myself....
-
I’d like to introduce myself.......
Example in a
dialogue :
Dialogue 1:
Edi : Hi, Toni. How’s life?
Toni : Fine. What about you?
Edi : I am OK. Let me introduce you to my friend,
Lina. Lina, this is Toni.
Toni : Hi, haven’t we met before Lina?
Lina : Really?
Toni : Yeah, you were at Dina’s party last month,
weren’t you?
Lina : What a surprise! Nice to see you here.
Lina+Tony : Let’s go!
Dialogue 2:
Rita : Would you like to
get together today?
Ratna : I
am afraid I can’t, I have to help my mother.
Rita : Are you free after
you help your mother?
Ratna : I
am afraid not. I also have to accompany my sister to the store.
Rita : Would you like to
get together after you accompany your sister to the store?
Ratna : I’d really like to, but I can’t. I also have
to finish my homework.
Rita : You’re really busy today! What do
you have to do after you finish your homework?
Ratna :
Nothing. But by then I’ll probably be exhausted. Let’s get together
tomorrow instead.
Rita :
Fine. I’ll call you in the morning.
8. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
:
Setelah
kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1. Merespon sapaan orang belum /
sudah dikenal.
·
Merespon
perkenalan dari orang lain secara
berterima baik formal maupun informal.
·
Menemukan dan memahami fungsi ungkapan sapaan (
greeting )
·
Mampu menyapa dan merespon sapaan orang lain
·
Memperkenalkan diri sendiri dan orang lain.
Pertemuan 2 :
o
Peserta didik dapat mengidentifikasi makna
tindak tutur menyetujui tawaran/undangan/ajakan
o
Peserta didik dapat merespon tindak tutur
menyetujui tawaran/undangan/ajakan
Pertemuan 3 :
·
Peserta didik dapat mengidentifikasi makan
tindak tutur menerima janji
·
Peserta didik dapat merespon tindak tutur
menerimna janji
9.
Metode Pembelajaran
Pertemuan 1 :
Metode : Listening, tanya jawab dan latihan
Pertemuan 2 :
Metode : Listening,
tanya jawab dan latihan
Pertemuan 3 :
Metode : Listening,
tanya jawab dan latihan
10. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1 :
1. Kegiatan awal
·
Guru memperkenalkan diri dan memberi motivasi
kepada peserta didik betapa pentingnya bahasa inggris pada saat ini dan meminta
Peserta didik dapat mengikuti pelajaran dengan tekun.
·
Guru mengabsen Peserta didik untuk lebih
mengenal Peserta didik lebih jauh.
·
Guru menjelas tindak tutur dalam wacana
transasional / interpersonal berkenalan.
·
Guru menyampaikan SK, SD dan indikator yang
ingin dicapai pada pertemuan kali ini.
Kegiatan Inti
2.
Kegiatan
Inti :
a. Guru memberi contoh cara memperkenalkan diri dan orang
lain.
Santi : Hello,
Ratna. This is Ina.
Ina : How do you
do Ratna.
Ratna : How do you
do.
b. Guru meminta siswa untuk duduk dalam kelompok dan meminta siswa
untuk menyapa dan memperkenalkan dirinya pada kelompoknya.
A B
D C
(Do this activity for several times)
c.
Guru memberi contoh memperkenalkan orang lain
(2 orang siswa memperagakan)
Script:
Teacher : Good morning, students.
This is Intan, your new friend.
Intan : Hello friends, nice to meet you.
d. Guru meminta seorang siswa untuk memperkenalkan diri pada
kelompoknya.
3.
Kegiatan
Akhir.
Guru menyimpulkan kegiatan hari itu.
Teacher :
Okay students before we end our lesson, let me ask you questions. What
will you say when you meet someone in the morning.
Students:
Teacher : What will you say if you want to introduce
Dewi to Ani.
E. Sumber Belajar
1. Lingkungan kelas (real
objects in the classroom)
2. Buku-buku yang relevan
3. Teacher-made material
Pertemuan 2
:
Pendahuluan
:
·
Guru mengabsen Peserta didik untuk lebih
mengenal Peserta didik lebih jauh.
·
Guru menjelas tindak tutur dalam wacana transasional
/ interpersonal menyetujui ajakan
tawaran.
·
Guru menyampaikan SK, SD dan indikator yang
ingin dicapai pada pertemuan kali ini
·
Kegiatan Inti
a.
Guru memberi contoh expresi memberikan sesuatu
pada orang lain
b.
Guru meminta siswa untuk
menirukan ucapan guru.
- Good
morning, good afternoon, dll
- Good
morning, Sir / Ma’am
§ Guru membagi
peserta didik menjadi beberapa kelompok
§ Peserta didik
mendengarkan sebuah dialog dari radio tape yang berisi tindak tutur menyetujui
ajakan tawaran
§ Menjelaskan
kata-kata yang dipakai pada tindak tutur menyetujui ajakan tawaran: menyetujui
ajakan/tawaran : I’II go with you
§ Peserta didik
memberi tanggapan percakapan dialog tape yang didengar sambil diarahkan guru.
Kegiatan
Akhir
Pertemuan 3
:
Pendahuluan
:
·
Guru mengabsen Peserta didik untuk lebih
mengenal Peserta didik lebih jauh.
·
Guru menjelas tindak tutur dalam wacana
transasional / interpersonal menerima
janji.
·
Guru menyampaikan SK, SD dan indikator yang
ingin dicapai pada pertemuan kali ini
Kegiatan Inti
§ Guru membagi
peserta didik menjadi beberapa kelompok
§ Peserta didik
mendengarkan sebuah dialog dari radio tape yang berisi tindak tutur menerima
janji.
§ Menjelaskan
kata-kata yang dipakai pada tindak tutur menerima janji : Peserta didik memberi tanggapan percakapan
dialog tape yang : I’ll get you the book.
§ didengar sambil
diarahkan guru.
Kegiatan
Akhir
1.
Refleksi
-
Tanggapan peserta didik berupa kesan dan pesan
tentang bahan ajar dan materi ajar dan kompetensi dalam rangka mencapai
indikator.
-
Peserta didik mendapatkan manfaat dari materi
menyetujui ajakan tawaran dan dapat menggunakan dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Evaluasi
-
Psikomotorik.
3. Pemahiran / Penugasan
Pemahiran :
Penugasan : Peserta didik mempersiapkan percakapan yang berbeda
untuk dipraktekan dengan pasangan yang berbeda pada pertemuan yang akan datang.
11. Penilaian
a. Teknik :
Merespon ungkapan/menggunakan ungkapan secara lisan dan tulis
b. Bentuk :
Pertanyaan lisan
c. Instrument : Give your responses
orally based on the situations.
1. Sinta meets
someone she thinks she knows.
Shinta :
Hi,.....................................................
Mira :
..........................................................
2.
Linda decides to introduce herself to a boy (David). Who is a best
friend of John, her friend.
Linda :
………………………………………
David :
……………………………………..
3.
Michael visits the school
where he used to study. He introduces himself to the headmaster.
Michael :
……………………………………
The headmaster :
………………………….
4.
Inspector Ahmad chairs a
meeting for the local community who don’t know him.
Inspector Ahmad :
……………………………
5.
Maria Hawkins, a lawyer,
introduces herself to her new client.
Maria :
…………………………………………
The client :
…………………………………….
Answer the following questions based on the dialogue given.
1. Who asks Ratna to get together with her?
2. Is Ratna free after helping her mother?
3. Why isn’t she?
4. Do you think Rita is disappointed?
5. When will Rita call Ratna?
d. Rubrik Penilaian :
Kriteria |
Jika respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan lancar.
|
Jika respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan tidak
lancar.
|
Jika respon benar, ucapan benar, intonasi salah, dan pengucapan tidak
lancar.
|
Jika respon kurang tepat, ucapan salah, intonasi salah, dan pengucapan
tidak lancar.
|
Nilai
|
100
|
90
|
80
|
70
|
12. Sumber dan Bahan
1.
Sumber : Platinum, Contextual English 1
2.
Bahan : Tape, Kaset/Player, CD
Mengetahui, Bekasi, Juli 2012
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Ir.
H. Kusnaedi, M.M. Andrian,
S.Pd
NRP. NRP.
040817
Tidak ada komentar:
Posting Komentar