Jumat, 25 Mei 2012

RPP Bahasa Inggris kelas X Semester 1 (1.1)


1. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (1.1)
1.      Satuan Pendidikan          : SMA ISLAM PB. SOEDIRMAN BEKASI I
2.      Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
3.      Kelas / prog. / smt            : X / I

4.      Standar Kompetensi
Mendengarkan : Memahami makna dalam percakapan transional dan interpersonal dalam kehidupan sehari-hari.
5.      Kompetensi Dasar
Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat lancar : berkenalan, bertemu / berpisah, menyetujui ajakan tawaran / undangan, menerima fungsi dan membataslkan fungsi.
Indikator
·          Indikator 1 : Mengidentifikasi makna tindak tutur berkenalan
·          Indikator 2 : Merespon tindak tutur berkenalan
·          Indikator3 : Mengidentifikasi makna tindak tutur menyetujui tawaran/undangan/ajakan
·          Indikator 4 : Merespon tindak tutur menyetujui tawaran/undangan/ajakan
·          Indikator 5 : Mengidentifikasi makna tindak tutur menerima janji
·          Indikator 6 : Merespon tindak tutur menerima janji
6.      Alokasi Waktu     : 2 Jam pelajaran x 45 menit ( 3 x pertemuan)
7.      Materi Pembelajaran
·         Pertemuan 1 : Mengungkapkan Berkenalan  .
mis. A: Pleased to meet you!
    B: Pleased to meet you too!
·         Pertemuan 2 :  Menyetujui tawaran
mis. A: Come to my party.
  B: Thanks for the invitation
·         Pertemuan  3 :  Menerima janji
mis. A: I’ll get you the book.
B: It’s very kind of you.

Gambits dan dialog yang memuat ungkapan berkenalan
-          Excuse me. My name’s....
-          How do you do? My name is.....
-          Excuse me. I am........
-          Hello! I’m......
-          Hi! I’m.......
-          May I introduce myself........
-          First let me introduce myself.....
-          Allow me to introduce myself....
-          I’d like to introduce myself.......




Example in a dialogue :

        Dialogue 1:
        Edi                      :  Hi, Toni. How’s life?
        Toni                     :  Fine. What about you?
        Edi                      :  I am OK. Let me introduce you to my friend, Lina. Lina, this is Toni.
        Toni                     :  Hi, haven’t we met before Lina?
        Lina                     :  Really?
        Toni                     :  Yeah, you were at Dina’s party last month, weren’t you?
        Lina                     :  What a surprise! Nice to see you here.
        Lina+Tony          :  Let’s go!

        Dialogue 2:
        Rita         :  Would you like to get together today?
        Ratna       :  I am afraid I can’t, I have to help my mother.
        Rita         :  Are you free after you help your mother?
        Ratna       :  I am afraid not. I also have to accompany my sister to the store.
        Rita         :  Would you like to get together after you accompany your sister to the store?
        Ratna       :  I’d really like to, but I can’t. I also have to finish my homework.
     Rita         : You’re really busy today! What do you have to do after you finish your homework?
     Ratna      :  Nothing. But by then I’ll probably be exhausted. Let’s get together tomorrow instead.
     Rita         :  Fine. I’ll call you in the morning. 
8.      Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1 :
Setelah kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1.  Merespon sapaan orang belum / sudah dikenal.
·         Merespon perkenalan dari orang lain secara  berterima baik formal maupun informal.
·         Menemukan dan memahami fungsi ungkapan sapaan ( greeting )
·         Mampu menyapa dan merespon sapaan orang lain
·         Memperkenalkan diri sendiri dan orang lain.
Pertemuan 2 :
o   Peserta didik dapat mengidentifikasi makna tindak tutur menyetujui tawaran/undangan/ajakan
o   Peserta didik dapat merespon tindak tutur menyetujui tawaran/undangan/ajakan
Pertemuan 3 :
·         Peserta didik dapat mengidentifikasi makan tindak tutur menerima janji
·         Peserta didik dapat merespon tindak tutur menerimna janji

9.      Metode  Pembelajaran
Pertemuan 1 :
Metode                  : Listening, tanya jawab dan latihan
Pertemuan 2 :
     Metode             : Listening, tanya jawab dan latihan
Pertemuan 3 :
     Metode             : Listening, tanya jawab dan latihan
10.  Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 :
1.      Kegiatan awal
·         Guru memperkenalkan diri dan memberi motivasi kepada peserta didik betapa pentingnya bahasa inggris pada saat ini dan meminta Peserta didik dapat mengikuti pelajaran dengan tekun.
·         Guru mengabsen Peserta didik untuk lebih mengenal Peserta didik lebih jauh.
·         Guru menjelas tindak tutur dalam wacana transasional / interpersonal berkenalan.
·         Guru menyampaikan SK, SD dan indikator yang ingin dicapai pada pertemuan kali ini.


Kegiatan Inti
2.      Kegiatan Inti         :
a.       Guru memberi contoh cara memperkenalkan diri dan orang lain.


 
  







                  
  
Script 2   
    Santi       :  Hello, Ratna. This is Ina.
    Ina          :  How do you do Ratna.
    Ratna      :  How do you do.

b.      Guru meminta siswa untuk duduk dalam kelompok dan meminta siswa untuk menyapa dan memperkenalkan dirinya pada kelompoknya.

                                                A                          B
                                                D                          C
     (Do this activity for several times)
                            
c.       Guru memberi contoh memperkenalkan orang lain
                                                   (2 orang siswa memperagakan)
                            


Script:
Teacher    :  Good morning, students.
                     This is Intan, your new friend.
Intan         :  Hello friends, nice to meet you.

d.      Guru meminta seorang siswa untuk memperkenalkan diri pada kelompoknya.
3.      Kegiatan Akhir.
          Guru menyimpulkan kegiatan hari itu.
Teacher    :   Okay students before we end our lesson, let me ask you questions. What will you say when you meet someone in the morning.
Students:
Teacher    :   What will you say if you want to introduce Dewi to Ani.


E.  Sumber Belajar
            1. Lingkungan kelas (real objects in the classroom)
            2. Buku-buku yang relevan
            3. Teacher-made material



Oval: Bentuk,Oval: Jawab betul    x 2 = 10,Oval: Skor,Oval: Instrumen 








Pertemuan 2 :
Pendahuluan :
·                                 Guru mengabsen Peserta didik untuk lebih mengenal Peserta didik lebih jauh.
·         Guru menjelas tindak tutur dalam wacana transasional / interpersonal  menyetujui ajakan tawaran.
·         Guru menyampaikan SK, SD dan indikator yang ingin dicapai pada pertemuan kali ini


·         Kegiatan Inti

a.       Guru memberi contoh expresi memberikan sesuatu pada orang lain
Text Box: Expresion of giving something to someone
• Study the expresións in teh following dialoque.
Andi   : I’d like to give you this on behalf of all our friends.
Buddy : Thank you very much
(Repeat it twice or three times)










b.      Guru meminta siswa untuk menirukan ucapan guru.
-  Good morning, good afternoon, dll
-  Good morning, Sir / Ma’am

§  Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok
§  Peserta didik mendengarkan sebuah dialog dari radio tape yang berisi tindak tutur menyetujui ajakan tawaran
§  Menjelaskan kata-kata yang dipakai pada tindak tutur menyetujui ajakan tawaran: menyetujui ajakan/tawaran : I’II go with you
§  Peserta didik memberi tanggapan percakapan dialog tape yang didengar sambil diarahkan guru.
Kegiatan Akhir

Pertemuan 3 :
Pendahuluan :
·         Guru mengabsen Peserta didik untuk lebih mengenal Peserta didik lebih jauh.
·         Guru menjelas tindak tutur dalam wacana transasional / interpersonal  menerima janji.
·         Guru menyampaikan SK, SD dan indikator yang ingin dicapai pada pertemuan kali ini
Kegiatan Inti
§  Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok
§  Peserta didik mendengarkan sebuah dialog dari radio tape yang berisi tindak tutur menerima janji.
§  Menjelaskan kata-kata yang dipakai pada tindak tutur menerima janji :  Peserta didik memberi tanggapan percakapan dialog tape yang : I’ll get you the book.
§  didengar sambil diarahkan guru.
Kegiatan Akhir
1.      Refleksi
-          Tanggapan peserta didik berupa kesan dan pesan tentang bahan ajar dan materi ajar dan kompetensi dalam rangka mencapai indikator.
-          Peserta didik mendapatkan manfaat dari materi menyetujui ajakan tawaran dan dapat menggunakan dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Evaluasi
-          Psikomotorik.
3.   Pemahiran / Penugasan
Pemahiran             :
Penugasan             : Peserta didik mempersiapkan percakapan yang berbeda untuk dipraktekan dengan pasangan yang berbeda pada pertemuan yang akan datang. 
11.  Penilaian
      a.  Teknik              : Merespon ungkapan/menggunakan ungkapan secara lisan dan tulis  
      b.   Bentuk                        : Pertanyaan lisan
      c.   Instrument       :  Give your responses orally based on the situations.

1.      Sinta meets someone she thinks she knows.
Shinta  :  Hi,.....................................................
Mira    :  ..........................................................
2.      Linda decides to introduce herself to a boy (David). Who is a best friend of John, her friend.
Linda  :  ………………………………………
David  :  ……………………………………..
3.      Michael visits the school where he used to study. He introduces himself to the headmaster.
Michael  :  ……………………………………
The headmaster  :  ………………………….
4.      Inspector Ahmad chairs a meeting for the local community who don’t know him.
Inspector Ahmad  :  ……………………………
5.      Maria Hawkins, a lawyer, introduces herself to her new client.
Maria  :  …………………………………………
The client  :  …………………………………….

Answer the following questions based on the dialogue given.

1.      Who asks Ratna to get together with her?
2.      Is Ratna free after helping her mother?
3.      Why isn’t she?
4.      Do you think Rita is disappointed?
5.      When will Rita call Ratna?

d. Rubrik Penilaian :
    

Kriteria

Jika respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan lancar.

Jika respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan tidak lancar.

Jika respon benar, ucapan benar, intonasi salah, dan pengucapan tidak lancar.

Jika respon kurang tepat, ucapan salah, intonasi salah, dan pengucapan tidak lancar.

Nilai

100

90

80

70


 12.  Sumber dan Bahan
1.      Sumber         : Platinum, Contextual English 1
2.      Bahan           : Tape, Kaset/Player, CD


                  Mengetahui,                                                                          Bekasi,  Juli 2012
                  Kepala Sekolah                                                                     Guru Mata Pelajaran

                                                                                                                       


                  Ir. H. Kusnaedi, M.M.                                                        Andrian, S.Pd
                  NRP.                                                                                     NRP. 040817

Tidak ada komentar:

Posting Komentar