Kamis, 24 Mei 2012

RPP Bahasa Inggris Kelas X Semester 2 (12.1)


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah           :  SMA ISLAM PB SOEDIRMAN 1 BEKASI
Mata Pelajaran          : BAHASA INGGRIS
Kelas/Semester           : X / 2
Pertemuan Ke            :  13
Alokasi Waktu           :  2 x 45 menit


A.     Standar Kompetensi
         Menulis
          12.          Mengungkapkan makna   dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk   narrative, descriptive dan news item   dalam konteks kehidupan sehari-hari.

B.     Kompetensi Dasar
          12.1        Mengungkap-kan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek  (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari.
            Indikator Pencapaian Kompetensi
§  Menggunakan tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan tata tulis dengan akurat
§  Menulis gagasan utama
§  Mengelaborasi gagasan utama
§  Membuat draft, merevisi, menyunting
§  Menghasilkan teks fungsional pendek

D.     Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menggunakan tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan tata tulis dengan akurat
§  Siswa dapat menulis gagasan utama
§  Siswa dapat mengelaborasi gagasan utama
§  Siswa dapat membuat draft, merevisi, menyunting
§  Siswa dapat menghasilkan teks fungsional pendek


E.     Materi Pokok
Develop paragraph of narrative texts;
            Writing narrative texts.

The first important thing to remember about a narrative essay is that it tells a story. The second important thing about a narrative essay is that the story should have a point. In the final paragraph, the author should come to an important conclusion about the experience that has just been described. For further steps in writing narrative,
visit www.infoplease.com

F.      Metode Pembelajaran/Teknik:
§  Pendekatan                        : Contextual Teaching and Learning (CTL)
§  Strategi Pembelajaran        : Cooperative Learning

G.     Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
Siswa dapat menggunakan tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan tata tulis dengan akurat, menulis gagasan utama, mengelaborasi gagasan utama, membuat draft, merevisi, menyunting, menghasilkan teks fungsional pendek.
Siswa mampu menganalisa tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan tata tulis dengan akurat, menulis gagasan utama, mengelaborasi gagasan utama, membuat draft, merevisi, menyunting, menghasilkan teks fungsional pendek.
Siswa mampu mengerjakan dan mengerti tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan tata tulis dengan akurat, menulis gagasan utama, mengelaborasi gagasan utama, membuat draft, merevisi, menyunting, menghasilkan teks fungsional pendek.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal  (10’)
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks

Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§  Memberikan stimulus berupa pemberian materi mengenai tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan tata tulis dengan akurat, menulis gagasan utama, mengelaborasi gagasan utama, membuat draft, merevisi, menyunting, menghasilkan teks fungsional pendek.
§  Mendiskusikan materi bersama siswa  (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan tata tulis dengan akurat, menulis gagasan utama, mengelaborasi gagasan utama, membuat draft, merevisi, menyunting, menghasilkan teks fungsional pendek.
§  Memberikan kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan tata tulis dengan akurat, menulis gagasan utama, mengelaborasi gagasan utama, membuat draft, merevisi, menyunting, menghasilkan teks fungsional pendek.. informasi tertentu. berhubungan dengan penyelesaian suatu soal.
§  Siswa diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan tata tulis dengan akurat, menulis gagasan utama, mengelaborasi gagasan utama, membuat draft, merevisi, menyunting, menghasilkan teks fungsional pendek.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§  Membiasakan siswa membuat tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan tata tulis dengan akurat, menulis gagasan utama, mengelaborasi gagasan utama, membuat draft, merevisi, menyunting, menghasilkan teks fungsional pendek..
§  Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi  guru:
§  Memberikan umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§  Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
§  Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§  Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi mengenai tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan tata tulis dengan akurat, menulis gagasan utama, mengelaborasi gagasan utama, membuat draft, merevisi, menyunting, menghasilkan teks fungsional pendek.
Kegiatan Akhir (10’)
§  Siswa diminta membuat rangkuman dari materi mengenai tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan tata tulis dengan akurat, menulis gagasan utama, mengelaborasi gagasan utama, membuat draft, merevisi, menyunting, menghasilkan teks fungsional pendek.
§  Siswa dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§  Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan tata tulis dengan akurat, menulis gagasan utama, mengelaborasi gagasan utama, membuat draft, merevisi, menyunting, menghasilkan teks fungsional pendek.
§  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H.     Sumber/Bahan/Alat
Developing English Competencies for Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD Player
OHP/LCD
Foto/ Poster
Gambar
Koran berbahasa Inggris
Majalah

I.       Penilaian
  • Teknik                         :     Tugas individu, Kuis, Ulangan harian.
  • Bentuk Instrumen    :        Tertulis uraian singkat dan pilihan ganda, Lisan.
Contoh Instrumen     :
Answer these questions.
1.      Have you ever written a story?
2.      What do you do first when you write a story?
3.      Have you ever written a fairy tale?
4.      Are there any differences between writing fairy tales and ordinary short stories?

Mengetahui,                                                                                Bekasi, 25 Januari 2012
Kepala Sekolah                                                                           Guru Mata Pelajaran


Ir. H. Kusnaedi, MM                                                                   Andrian S.Pd
      NRP.                                                                                            NRP. 040817




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar