Jumat, 25 Mei 2012

RPP Bahasa Inggris Kelas X Semester 1 (1.2)


3. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (1.2)
1.      Satuan Pendidikan          : SMA ISLAM PB. SOEDIRMAN BEKASI I
2.       Mata Pelajaran               : BAHASA INGGRIS
3.      Kelas / prog. / smt            : X / I
4.      Standar Kompetensi
Mendengarkan : Memahami  makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari
5.       Kompetensi Dasar
Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi
Indikator
·         Indikator 1 :   Mengidentifikasi makna tindak tutur mengungkapkan perasaan bahagia
·         Indikator 2 :   Merespon tindak tutur mengungkapkan perasaan bahagia
·         Indikator 3  :  Mengidentifikasi makna tindak tutur menunjukkan simpati
·         Indikator 4  :  Merespon tindak tutur menunjukkan simpati
·         Indikator 5  :  Mengidentifikasi makna tindak tutur menunjukkan perhatian
·         Indikator 6  :  Merespon tindak tutur menunjukkan perhatian
·         Indikator 7  :  Mengidentifikasi makna tindak tutur memberi instruksi
·         Indikator 8  :  Merespon tindak tutur memberi instruksi

6.      ALOKASI WAKTU                   : 2 Jam pelajaran x 40 menit (4 x pertemuan)
7.      MATERI PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 :
mengungkapkan perasaan bahagia
mis. A: I’m so happy to get a scholarship.
        B: I’m happy for you.
mengungkapkan perasaan bahagia
            A boy has been selected to play for the school X.
Rifky  :  My name is included in the list for the school team.
Adam  :  Wow! Really!
Rifky  :  Yes, It’s true.
Adam  :  It’s incredible. I am really happy for you.
Rifky  :  Thank you.
Adam  :  You’re welcome.

Pertemuan 2 :
menunjukkan simpati
mis. A: Please accept my condolences.
B: Thank you so much.
Menunjukan simpati
            Lisa   :  Hi, Tanti. Did you have a good holiday?
            Tanti  :  Yes, I did. But I didn’t go to Lombok.
            Lisa   :  Where did you go?
            Tanti  :  Kampung Dayak. We stayed in an old hotel.
            Lisa   :  Really? Was it lovely?
            Tanti  :  Yes it was. But I saw a ghost there.
            Lisa   :  Don’t be silly.
            Tanti  :  You could say that, But I did.
            Lisa   :  When did you see it?
            Tanti  :  When I went to the bathroom.
            Lisa   :  What was it like?
            Tanti  :  Well, it was an old man. He wore very old clothes.
            Lisa   :  Were you afraid?
            Tanti  :  Yes, I was.
            Lisa   :  It must have been horrible for you!
            Tanti  :  It was but I feel OK now.
   Lisa   :  I’m glat tohear that. Now, what about coming to my house and telling me more stories there.
       Tanti  :  Great!

To express sympaty, we can use one of these expressions:
a.       That’s too bad.
b.      I am sorry to hear that
c.       What a pity!
d.      That’s terrible!
e.       How awful!

Pertemuan 3 :
menunjukkan perhatian
mis. A: You look fantastic.
B: Thank you.
A girl who has just come out of the examination hall.
Siska  :  Look at you, Siti. You look terrible.
Siti     :  Oh really!
Siska  :  Yes, you look as though you have lost everything
Siti     :  Well, I think I did badly in the English paper.
Siska  :  Oh, no! Not again. That’s what you said about the Math paper.
Siti     :  That’s true. I am sorry. I must look at the bright side of things.

Pertemuan 4 :
memberi instruksi
mis. A: Open the window!
 B: OK.
Memberi intruksi lisan
Lina  :  You are grat at fixing things Toni.
Toni  :  I am OK.
Lina  :  Can you show me how? It will help me at home.
Toni  :  Of course. I’ll show you once more. First, remove the nut, bolts and wires. Wash the  rest of the parts so that they are free of dirt and oil.
Lina  :  I see. What next, Toni?
Toni  :  Put back the wires. Then, join the parts using the nuts and bolts. Later, the button can be fitted like this.
Lina  :  That’s cool. I’ll remember the way so that I can fix my brother’s toy.



8.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 : 
o   Peserta didik dapat mengidentifikasi makna tindak tutur mengungkapkan perasaan bahagia
o   Peserta didik dapat merespon tindak tutur mengungkapkan perasaan bahagia

Pertemuan 2 : 
o   Peserta didik dapat mengidentifikasi makna tindak tutur menunjukan simpati
o   Peserta didik dapat merespon tindak tutur menunjukan simpati
Pertemuan 3 :
o   Peserta didik dapat mengidentifikasi makna tindak tutur menunjukan perhatian
o   Peserta didik dapat merespon tindak tutur menunjukan perhatian
Pertemuan 4:
o   Peserta didik dapat mengidentifikasi makna tindak tutur memberi intruksi
o   Peserta didik dapat merespon tindak tutur memberi intruksi
9.      Metode Pembelajaran
Pertemuan 1
Metode         : CERAMAH, TANYA JAWAB, DISKUSI
Pendekatan  : Communicative Approach
Pertemuan 2
Metode         : CERAMAH, TANYA JAWAB, DISKUSI
Pendekatan  : Communicative Approach
Pertemuan 3
Metode         : CERAMAH, TANYA JAWAB, DISKUSI
Pendekatan  : Communicative Approach
Pertemuan 4
Metode         : CERAMAH, TANYA JAWAB, DISKUSI
Pendekatan  : Communicative Approach

10.  Kegiatan pembelajaran
Pertemuan 1 :
mengungkapkan perasaan bahagia
mis. A: I’m so happy to get a scholarship.
        B: I’m happy for you.
Pendahuluan :
  • Guru mengucapkan salam dilanjutkan dengan mengabsen Peserta didik.
  • Guru mengabsen Peserta didik
  • Guru menjelas tindak tutur dalam wacana transasional / interpersonal mengungkapka perasaan bahagia dan menunjukan perhatian.
  • Guru menyampaikan SK, SD dan indikator yang ingin dicapai pada pertemuan kali ini.
Kegiatan Inti
·         Guru menyampaikan indikator yang akan dicapai
·         Mengidentifikasi  kosa kata baru dari teks
·         Mendengarkan contoh dialog yang dibaca guru
·         Menentukan makna dan fungsi kalimat yang didengar
·         Menirukan ungkapan yang diucapkan guru
·         Mendengarkan percakapan tentang memuat ungkapan perasaan bahagia dari kaset /guru
·         Merespon ungkapan –ungkapan memuat ungkapan perasaan bahagia dari kaset /guru
Kegiatan Akhir
Refleksi
§  Peserta Didik memberikan tanggapan tentang KBM yang baru saja dilaksanakan
§  Peserta Didik memberikan tanggapan/pertanyaan tentang pelajaran yang baru saja berlangsung
Pertemuan 2 :
menunjukkan simpati
mis. A: Please accept my condolences.
B: Thank you so much.
Pendahuluan :
  • Guru mengucapkan salam dilanjutkan dengan mengabsen Peserta didik.
  • Guru mengabsen Peserta didik
  • Guru menjelas tindak tutur dalam wacana transasional / interpersonal mengungkapka perasaan bahagia dan menunjukan perhatian.
  • Guru menyampaikan SK, SD dan indikator yang ingin dicapai pada pertemuan kali ini.
Kegiatan Inti
·         Guru menyampaikan indikator yang akan dicapai
·         Mengidentifikasi  kosa kata baru dari teks
·         Mendengarkan contoh dialog yang dibaca guru
·         Menentukan makna dan fungsi kalimat yang didengar
·         Menirukan ungkapan yang diucapkan guru
·         Mendengarkan percakapan tentang memuat ungkapan menunjukan simpati dari kaset /guru
·         Merespon ungkapan –ungkapan memuat ungkapan menunjukan simpati dari kaset /guru
Kegiatan Akhir
Refleksi
§  Peserta Didik memberikan tanggapan tentang KBM yang baru saja dilaksanakan
Peserta Didik memberikan tanggapan/pertanyaan tentang pelajaran yang baru saja berlangsung
11.  Kegiatan pembelajaran
Pertemuan 3 :
menunjukkan perhatian
mis. A: You look fantastic.
B: Thank you.
Pendahuluan :
  • Guru mengucapkan salam dilanjutkan dengan mengabsen Peserta didik.
  • Guru mengabsen Peserta didik
  • Guru menjelas tindak tutur dalam wacana transasional / interpersonal mengungkapka perasaan bahagia dan menunjukan perhatian.
  • Guru menyampaikan SK, SD dan indikator yang ingin dicapai pada pertemuan kali ini.
Kegiatan Inti
·         Guru menyampaikan indikator yang akan dicapai
·         Mengidentifikasi  kosa kata baru dari teks
·         Mendengarkan contoh dialog yang dibaca guru
·         Menentukan makna dan fungsi kalimat yang didengar
·         Menirukan ungkapan yang diucapkan guru
·         Mendengarkan percakapan tentang memuat ungkapan menunjukan perhatian dari kaset /guru
·         Merespon ungkapan –ungkapan memuat ungkapan menunjukan perhatian dari kaset /guru
Kegiatan Akhir
Refleksi
§  Peserta Didik memberikan tanggapan tentang KBM yang baru saja dilaksanakan
Peserta Didik memberikan tanggapan/pertanyaan tentang pelajaran yang baru saja berlangsung
Pertemuan 4 :
memberi instruksi
mis. A: Open the window!
 B: OK.
Pendahuluan :
  • Guru mengucapkan salam dilanjutkan dengan mengabsen Peserta didik.
  • Guru mengabsen Peserta didik
  • Guru menjelas tindak tutur dalam wacana transasional / interpersonal mengungkapka perasaan bahagia dan menunjukan perhatian.
  • Guru menyampaikan SK, SD dan indikator yang ingin dicapai pada pertemuan kali ini.
Kegiatan Inti
·         Guru menyampaikan indikator yang akan dicapai
·         Mengidentifikasi  kosa kata baru dari teks
·         Mendengarkan contoh dialog yang dibaca guru
·         Menentukan makna dan fungsi kalimat yang didengar
·         Menirukan ungkapan yang diucapkan guru
·         Mendengarkan percakapan tentang memuat ungkapan memberi intruksi dari kaset /guru
·         Merespon ungkapan –ungkapan memuat ungkapan memberi intruksi dari kaset /guru
Kegiatan Akhir
Refleksi
§  Peserta Didik memberikan tanggapan tentang KBM yang baru saja dilaksanakan
Peserta Didik memberikan tanggapan/pertanyaan tentang pelajaran yang baru saja berlangsung
Evaluasi
a.Teknik                      : Merespon ungkapan/menggunakan ungkapan secara lisan dan tulis  
b.Bentuk                     : Pertanyaan lisan
c.      Instrument          :  Give your responses orally based on the situations

1.      you are so happy because your father bought you a new handphone
2.      Your friend wanted to go to Bali for holiday. But he couldn’t go because he was ill
3.      Your friend lost his wallet and he can go home because he has no money, express your attention
4.      The weather is hot you ask your friend to turn on the fan










Rubrik Penilaian :
    

Kriteria

Jika respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan lancar.

Jika respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan tidak lancar.

Jika respon benar, ucapan benar, intonasi salah, dan pengucapan tidak lancar.

Jika respon kurang tepat, ucapan salah, intonasi salah, dan pengucapan tidak lancar.

Nilai

100

90

80

70

1.      Pemahiran/Penugasan
o   Pemahiran    : menugaskan Peserta Didik untuk melakukan tindak tutur transaksional /interpersonal dengan temannya di dalam kelas
o   Penugasan    :
12.  Sumber, Alat, Bahan, Media
1.      Sumber: Buku paket Platinum Contextual English 1
2.      Alat     : Kaset

                  Mengetahui,                                                                          Bekasi,  Juli 2012
                  Kepala Sekolah                                                                     Guru Mata Pelajaran




                  Ir. H. Kusnaedi, M.M.                                                        Andrian, S.Pd
                  NRP.                                                                                     NRP. 040817

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar