UJIAN NASIONAL
SEKOLAH MENENGAH ATAS
TAHUN 2012
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Program
Studi : IPA/ IPS
BentukPenilaian : Tertulis
Standar Kompetensi Lulusan : Writing
Siswa mampu
mengungkapkan makna dengan langkah-langkah pengembangan retorika yang benar di
dalam teks tertulis berbentuk Narrative, Recount, Report, Descriptive,
Hortatory, Analytical, Discussion, News item.
Ruang Lingkup Materi : Menulis sebuah teks dalam bentuk
Narrative, Recount, Report, Descriptive, Hortatory, Analytical, Discussion,
News item.
Indikator : Siswa dapat menentukan dan menuliskan satu
topic untuk menulis sebuah teks dalam
bentuk Narrative, Recount, Report, Descriptive, Hortatory, Analytical,
Discussion, News item.
Soal :
Tulislah sebuah teks yang sudah
diberikan beserta Generic Structur-nya/retorika.
Teknis Pelaksanaan :
- Guru
memberikan undian berisi macam-macam bentuk teks,masing-masing bentuk undian
berisi satu teks
-
Siswa mengambil secara acak
undian
-
Siswa langsung menuliskan teks beserta Generic
Structure berdasarkan undian yang telah diambil
-
Siswa diberikan waktu berfikir
dan menuliskan teks
-
Siswa mengumpulkan
-
Guru mengambil nilai
UJIAN NASIONAL
SEKOLAH MENENGAH ATAS
TAHUN 2012
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Program
Studi : IPA/ IPS
BentukPenilaian : Praktik
Standar Kompetensi Lulusan : Speaking
Siswa mampu
mengungkapkan makna wacana transaksional
dan atau monolog lisan terutama dalam wacana Narrative, Recount, Report,
Descriptive, Hortatory, Analytical, Discussion, News item.
Ruang Lingkup Materi : Merespon dan mengungkapkan berbagai
tindak tutur di dalam wacana “transaksional” seperti mengusulkan,
memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau
kemampuan untuk melakukan sesuatu, dan memerintah, mengakui kesalahan,
berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan menyatakan berbagai sikapmembujuk,
mendorong semangat, mengkritik, mengungkapkan harapan, dan mencegah, menyesali,
mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi,
dan memberikan penilaian
Indikator : Diberikan beberapa bentuk ungkapan,
siswa dapat melakukan transaksional dengan pasangannya (pairs) dengan benar
Soal :
Tulislah dengan tema bebas beberapa
bentuk ungkapan yang telah diambil secara acak. Hafalkan dialog tersebut dan
garis bawahi ekspresi yang diminta.
Teknis Pelaksanaan :
- Guru
memberikan undian berisi ungkapan.,masing-masing undian berisi 5 macam bentuk
ungkapan.
-
Siswa mengambil secara acak, kemudian
menuliskan dialog dengan tema bebas dengan pasangan.
- Siswa menggaris bawahi ungkapan yang diminta
- Siswa menghafalkan dan unjuk performance di
depan guru
-
Guru mengambil nilai
Pedoman penskoran
Ujian praktek Writing
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor
|
1
|
Kinds of
Text
a.
Bentuk teks sangat sesuai
dengan yang diminta
b.
Bentuk teks kurang sesuai
dengan yang diminta
c.
Bentuk teks tidak sesuai sama
sekali dengan yang diminta
d.
Sulit menuliskan teks
|
4
3
2
1
|
2
|
Grammar /
Structure
a.
Menggunakan tata bahasa dan
kosa kata yang tepat
b.
Menggunakan tata bahasa dan
kosakata yang terkadang kurang tepat tetapi dapat dimengerti
c.
Menggunakan tata bahasa dan
kosakata kurang tepat dan kurang dimengerti
d.
Menggunakan tata bahasa dan
kosakata yang tidak tepat
|
4
3
2
1
|
3
|
Content
a.
Isi teks berhubungan dengan
jelas dengan bentuk teks yang diminta
b.
Isi teks berhubungan dengan
bentuk teks yang diminta tetapi sesekali kurang jelas
c.
Isi teks berhubungan dengan bentuk teks yang diminta
tetapi sulit dipahami
d.
Isi teks tidak berhubungan
dengan bentuk teks yang diminta
|
4
3
2
1
|
4
|
Generic
Structure
a.
Sangat berhubungan dengan jenis teks
b.
Berhubungan dengan jenis teks tetapi tidak berurutan
c.
berhubungan dengan jenis teks
tetapi beberapa kurang jelas
d.
Tidak cocok sama sekali
|
4
3
2
1
|
5
|
Vocabulary
a.
Tatabahasa yang dipakai
ber-makna jelas dan efektif
b.
Tatabahasa yang dipakai
ber-makna jelas hanya sesekali kurang jelas
c.
Tatabahasa yang dipakai
ber-makna kurang jelas
d.
Tatabahasa yang dipakai sulit
dipahami
|
4
3
2
1
|
Rumus
penilaian : skor perolehan
X
100 =
Nilai
skor
maksimal
Contoh penilaian : 15
X
100 = 75
20
Pedoman penskoran
Ujian praktek Speaking
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor
|
1
|
Expression
a. Dalam dialog semua ungkapan sangat sesuai dengan ungkapan yang diminta
b. Dalam dialog ada 1 atau 2 yang tidak sesuai dengan ungkapan yang
diminta
c. Dalam dialog ada 2 sampai 4 yang tidak sesuai dengan ungkapan yang
diminta
d. Dalam dialog tidak ada ungkapan yang sesuai dengan ungkapan yang
diminta
|
4
3
2
1
|
2
|
Grammar / Vocabulary
a. Menggunakan tata bahasa dan kosa kata yang tepat
b. Menggunakan tata bahasa dan kosakata yang terkadang kurang tepat
tetapi dapat dimengerti
c. Menggunakan tata bahasa dan kosakata kurang tepat dan kurang
dimengerti
d. Menggunakan tata bahasa dan kosakata yang tidak tepat
|
4
3
2
1
|
3
|
Content
a. Isi dialog sangat berhubungan dengan ungkapan yang diminta
b. Isi dialog hanya beberapa
yang berhubungan dengan ungkapan yang diminta
c. Isi dialog kurang berhubungan
dengan ungkapan yang diminta
d. Isi dialog tidak berhubungan sama sekali dengan ungkapan yang diminta
|
4
3
2
1
|
4
|
Performance
a. Percaya diri, hafal dan cepat merespon
b. Percaya diri, walaupun kurang hafal dalam merespon
c. Kurang percaya diri, walaupun hafal dan gampang merespon
d. Tidak percaya diri karena tidak hafal dan sulit merspon
|
4
3
2
1
|
5
|
Fluency /
Intonation
a. Ucapan dan intonasi sangat jelas
b. Ucapan dan intonasi jelas meskipun sesekali terhenti
c. Ucapan dan intonasi kurang jelas dan mempengaruhi makna
d. Ucapan dan intonasi tidak jelas dan menghilangkan beberapa kata
|
4
3
2
1
|
Rumus
penilaian : skor perolehan
X
100 =
Nilai
skor
maksimal
Contoh
penilaian : 15
X
100 = 75
20
Tidak ada komentar:
Posting Komentar