Jumat, 25 Mei 2012

RPP Bahasa Inggris Kelas X Semester 1 (3.1)


2. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (3.1)
1.      Satuan Pendidikan                      : SMA ISLAM PB. SOEDIRMAN BEKASI I
2.      Mata Pelajaran                            : BAHASA INGGRIS
3.      Kelas / prog. / smt                        : X / I

4.      Standar Kompetensi
Berbicara : Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
5.      Kompetensi Dasar
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji
·         Indikator 1 : Menggunakan tindak tutur berkenalan
·         Indikator 2 : Melakukan percakapan interpersonal
·         Indikator 3 : Menggunakan tindak tutur tawaran/undangan/ajakan
·         Indikator 4 Menggunakan tindak tutur menyetujui ajakan/tawaran undangan dalam percakapan
·         Indikataor 5 : Menggunakan tindak tutur membatalkan janji

6.      Alokasi Waktu                 : 2 Jam pelajaran x 40 menit (3 x pertemuan)

7.      Materi Pembelajaran
Pertemuan 1 : Mengungkapkan ekspresi Berkenalan  .
mis. A: Pleased to meet you!
    B: Pleased to meet you too!
Pertemuan 2 :  Menyetujui tawaran
mis. A: Come to my party.
  B: Thanks for the invitation
Pertemuan  3 :  Menerima janji dan membatalkan janji
mis. A: I’ll get you the book.
B: It’s very kind of you.

Gambits dan dialog yang memuat ungkapan berkenalan
-          Excuse me. My name’s....
-          How do you do? My name is.....
-          Excuse me. I am........
-          Hello! I’m......
-          Hi! I’m.......
-          May I introduce myself........
-          First let me introduce myself.....
-          Allow me to introduce myself....
-          I’d like to introduce myself.......


Example in a dialogue :
        Dialogue 1:
        Edi                      :  Hi, Toni. How’s life?
        Toni                     :  Fine. What about you?
        Edi                      :  I am OK. Let me introduce you to my friend, Lina. Lina, this is Toni.
        Toni                     :  Hi, haven’t we met before Lina?
        Lina                     :  Really?
        Toni                     :  Yeah, you were at Dina’s party last month, weren’t you?
        Lina                     :  What a surprise! Nice to see you here.
        Lina+Tony          :  Let’s go!

        Dialogue 2:
        Rita         :  Would you like to get together today?
        Ratna       :  I am afraid I can’t, I have to help my mother.
        Rita         :  Are you free after you help your mother?
        Ratna       :  I am afraid not. I also have to accompany my sister to the store.
        Rita         :  Would you like to get together after you accompany your sister to the store?
        Ratna       :  I’d really like to, but I can’t. I also have to finish my homework.
     Rita         : You’re really busy today! What do you have to do after you finish your homework?
     Ratna      :  Nothing. But by then I’ll probably be exhausted. Let’s get together tomorrow instead.
     Rita         :  Fine. I’ll call you in the morning.  

8.      Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1 :
Setelah kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1.  Merespon sapaan orang belum / sudah dikenal.
·         Merespon perkenalan dari orang lain secara  berterima baik formal maupun informal.
·         Menemukan dan memahami fungsi ungkapan sapaan ( greeting )
·         Mampu menyapa dan merespon sapaan orang lain
·         Memperkenalkan diri sendiri dan orang lain.
Pertemuan 2 :
·         Peserta didik dapat menggunakan tindak tutur tawaran/undangan/ajakan
·         Peserta didik dapat menggunakan tindak tutur menyetujui tawaran/undangan/ajakan
Pertemuan 3 :
·         Peserta didik dapat menggunakan tindak tutur menerima janji
·         Peserta didik dapat merespon tindak tutur membatalkan janji
                                    
9.      Metode Pembelajaran
Pertemuan 1
Metode               : Ceramah, Diskusi, dialogue (performance)
Pendekatan        : Communicative Approach

Pertemuan 2
Metode               : Ceramah, Diskusi, dialogue (performance)
Pendekatan        : Communicative Approach
Pertemuan 3
Metode               : Ceramah, Diskusi, dialogue (performance)
Pendekatan        : Communicative Approach
10.  Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 :
Pendahuluan :
-          Guru mengucapkan salam kemudian mengabsen Peserta didik.
-          Memberikan motivasi pada peserta didik.
-          Guru menjelas standar kompetensi dasar serta indikator yang akan dipelajari.
Kegiatan Inti
·         Mengidentifikasi  kosa kata baru dari teks
·         Mendengarkan contoh dialog yang dibaca guru
·         Menentukan makna dan fungsi kalimat yang didengar
·         Menirukan ungkapan yang diucapkan guru
·         Mendengarkan percakapan tentang berkenalan.
·         Merespon ungkapan –ungkapan berkenalan
·         Menggunakan tindak tutur yang dipelajari.
Kegiatan Akhir
a.       Refleksi
·         Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
·         Menyimpulkan materi pembelajaran
·         Menugaskan siswa  menggunakan ungkapan – ungkapan yang dipelajari dalam situasi yang sesungguhnya.

Pertemuan 2:
Pendahuluan:
Kegiatan Awal
-          Guru mengucapkan salam kemudian mengabsen Peserta didik.
-          Memberikan motivasi pada Peserta didik.
-          Guru menjelas standar kompetensi dasar serta indikator yang akan dipelajari.
Kegiatan Inti
§  Mengidentifikasi  kosa kata baru dari teks
§  Mendengarkan contoh dialog yang dibaca guru
§  Menentukan makna dan fungsi kalimat yang didengar
§  Menirukan ungkapan yang diucapkan guru
§  Mendengarkan percakapan tentang tindak tutur tawaran/undangan/ajakan
§  Merespon ungkapan –ungkapan tindak tutur tawaran/undangan/ajakan
§  Menggunakan tindak tutur yang dipelajari.
Kegiatan Akhir
Refleksi
a.       Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
b.      Menyimpulkan materi pembelajaran
c.       Menugaskan siswa  menggunakan ungkapan – ungkapan yang dipelajari dalam situasi yang sesungguhnya.





Pertemuan 3 :
Pendahuluan :
Kegiatan Awal
-     Apersepsi
-     Guru mengkondisikan Kelas
-     Guru memberikan motivasi kepada Peserta Didik
-     Guru menyampaikan indikator yang akan dicapai
Kegiatan Inti
§  Mengidentifikasi  kosa kata baru dari teks
§  Mendengarkan contoh dialog yang dibaca guru
§  Menentukan makna dan fungsi kalimat yang didengar
§  Menirukan ungkapan yang diucapkan guru
§  Mendengarkan percakapan tentang tindak tutur menerima janji
§  Merespon ungkapan –ungkapan tindak tutur membatalkan janji
§  Menggunakan tindak tutur yang dipelajari.
Kegiatan Akhir
                  Refleksi
a.       Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
b.      Menyimpulkan materi pembelajaran
c.       Menugaskan siswa  menggunakan ungkapan – ungkapan yang dipelajari dalam situasi yang sesungguhnya.
11.  Penilaian
a.  Teknik        : Merespon ungkapan/menggunakan ungkapan secara lisan dan tulis  
b.   Bentuk      : Pertanyaan lisan
c.   Instrument :  Give your responses orally based on the situations.

1.      You are a new students in the school, so introduce yourself to another student, what do you say?
2.      You and your mother are at the mall then you meet your friend, introduce your mother to her/him. What do you say?
3.      You invite your friend to go to your house to do homework together, what do you say?
4.      You cancel your promise to go to the cinema with your friend because your mother is sick, what do you say?

       Rubrik Penilaian :
    

Kriteria

Jika respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan lancar.

Jika respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan tidak lancar.

Jika respon benar, ucapan benar, intonasi salah, dan pengucapan tidak lancar.

Jika respon kurang tepat, ucapan salah, intonasi salah, dan pengucapan tidak lancar.

Nilai

100

90

80

70




12.  Sumber dan Bahan
1.      Sumber         : Platinum, Cpntextual English 1
2.      Bahan           : Tape, Kaset/Player, CD

                  Mengetahui,                                                                          Bekasi,  Juli 2012
                  Kepala Sekolah                                                                     Guru Mata Pelajaran




                  Ir. H. Kusnaedi, M.M.                                                        Andrian, S.Pd
                  NRP.                                                                                     NRP. 040817

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar