2. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (3.1)
1.
Satuan Pendidikan :
SMA ISLAM PB. SOEDIRMAN BEKASI I
2.
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
3.
Kelas / prog. / smt :
X / I
4.
Standar Kompetensi
Berbicara : Mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
5.
Kompetensi Dasar
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan
berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks
kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan,
bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan
membatalkan janji
·
Indikator 1 : Menggunakan tindak tutur
berkenalan
·
Indikator 2 : Melakukan percakapan
interpersonal
·
Indikator 3 : Menggunakan tindak tutur
tawaran/undangan/ajakan
·
Indikator 4 Menggunakan tindak tutur menyetujui
ajakan/tawaran undangan dalam percakapan
·
Indikataor 5 : Menggunakan tindak tutur
membatalkan janji
6.
Alokasi Waktu : 2 Jam pelajaran x 40 menit (3 x pertemuan)
7. Materi Pembelajaran
Pertemuan 1 : Mengungkapkan ekspresi Berkenalan .
mis. A: Pleased to meet you!
B: Pleased to meet you too!
Pertemuan 2 :
Menyetujui tawaran
mis. A: Come to my party.
B: Thanks for the invitation
Pertemuan 3
: Menerima janji dan membatalkan janji
mis. A: I’ll get you the book.
B: It’s very kind of you.
Gambits dan dialog yang memuat ungkapan berkenalan
-
Excuse me. My name’s....
-
How do you do? My name is.....
-
Excuse me. I am........
-
Hello! I’m......
-
Hi! I’m.......
-
May I introduce myself........
-
First let me introduce myself.....
-
Allow me to introduce myself....
-
I’d like to introduce myself.......
Example in a
dialogue :
Dialogue 1:
Edi : Hi, Toni. How’s life?
Toni : Fine. What about you?
Edi : I am OK. Let me introduce you to my friend,
Lina. Lina, this is Toni.
Toni : Hi, haven’t we met before Lina?
Lina : Really?
Toni : Yeah, you were at Dina’s party last month,
weren’t you?
Lina : What a surprise! Nice to see you here.
Lina+Tony : Let’s go!
Dialogue 2:
Rita : Would you like to
get together today?
Ratna : I
am afraid I can’t, I have to help my mother.
Rita : Are you free after
you help your mother?
Ratna : I
am afraid not. I also have to accompany my sister to the store.
Rita : Would you like to
get together after you accompany your sister to the store?
Ratna : I’d really like to, but I can’t. I also have
to finish my homework.
Rita : You’re really busy today! What do
you have to do after you finish your homework?
Ratna :
Nothing. But by then I’ll probably be exhausted. Let’s get together
tomorrow instead.
Rita :
Fine. I’ll call you in the morning.
8. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1 :
Setelah
kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1. Merespon sapaan orang belum /
sudah dikenal.
·
Merespon
perkenalan dari orang lain secara
berterima baik formal maupun informal.
·
Menemukan dan memahami fungsi ungkapan sapaan (
greeting )
·
Mampu menyapa dan merespon sapaan orang lain
·
Memperkenalkan diri sendiri dan orang lain.
Pertemuan 2 :
·
Peserta didik dapat menggunakan tindak tutur
tawaran/undangan/ajakan
·
Peserta didik dapat menggunakan tindak tutur
menyetujui tawaran/undangan/ajakan
Pertemuan 3 :
·
Peserta didik dapat menggunakan tindak tutur
menerima janji
·
Peserta didik dapat merespon tindak tutur membatalkan
janji
9.
Metode Pembelajaran
Pertemuan 1
Metode : Ceramah,
Diskusi, dialogue (performance)
Pendekatan : Communicative Approach
Pertemuan 2
Metode : Ceramah, Diskusi, dialogue (performance)
Pendekatan : Communicative Approach
Pertemuan 3
Metode : Ceramah, Diskusi, dialogue (performance)
Pendekatan : Communicative Approach
10.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
:
Pendahuluan
:
-
Guru mengucapkan salam kemudian mengabsen Peserta
didik.
-
Memberikan motivasi pada peserta didik.
-
Guru menjelas standar kompetensi dasar serta
indikator yang akan dipelajari.
Kegiatan Inti
·
Mengidentifikasi
kosa kata baru dari teks
·
Mendengarkan contoh dialog yang dibaca guru
·
Menentukan makna dan fungsi kalimat yang didengar
·
Menirukan ungkapan yang
diucapkan guru
·
Mendengarkan percakapan tentang berkenalan.
·
Merespon ungkapan –ungkapan berkenalan
·
Menggunakan tindak tutur yang dipelajari.
Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
·
Menanyakan kesulitan siswa
selama PBM
·
Menyimpulkan materi
pembelajaran
·
Menugaskan siswa
menggunakan ungkapan – ungkapan yang dipelajari dalam situasi yang
sesungguhnya.
Pertemuan 2:
Pendahuluan:
Kegiatan Awal
-
Guru mengucapkan salam kemudian mengabsen
Peserta didik.
-
Memberikan motivasi pada Peserta didik.
-
Guru menjelas standar kompetensi dasar serta
indikator yang akan dipelajari.
Kegiatan Inti
§ Mengidentifikasi kosa kata baru dari teks
§ Mendengarkan contoh
dialog yang dibaca guru
§ Menentukan makna dan
fungsi kalimat yang didengar
§ Menirukan ungkapan yang diucapkan guru
§ Mendengarkan
percakapan tentang tindak
tutur tawaran/undangan/ajakan
§ Merespon ungkapan
–ungkapan tindak tutur
tawaran/undangan/ajakan
§ Menggunakan tindak
tutur yang dipelajari.
Kegiatan Akhir
Refleksi
a. Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
b. Menyimpulkan materi pembelajaran
c.
Menugaskan siswa
menggunakan ungkapan – ungkapan yang dipelajari dalam situasi yang
sesungguhnya.
Pertemuan 3 :
Pendahuluan :
Kegiatan Awal
- Apersepsi
- Guru mengkondisikan Kelas
- Guru memberikan motivasi kepada
Peserta Didik
- Guru menyampaikan indikator
yang akan dicapai
Kegiatan Inti
§ Mengidentifikasi kosa kata baru dari teks
§ Mendengarkan contoh
dialog yang dibaca guru
§ Menentukan makna dan
fungsi kalimat yang didengar
§ Menirukan ungkapan yang diucapkan guru
§ Mendengarkan
percakapan tentang tindak
tutur menerima janji
§ Merespon ungkapan
–ungkapan tindak tutur
membatalkan janji
§ Menggunakan tindak
tutur yang dipelajari.
Kegiatan Akhir
Refleksi
a.
Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
b.
Menyimpulkan materi pembelajaran
c.
Menugaskan siswa
menggunakan ungkapan – ungkapan yang dipelajari dalam situasi yang
sesungguhnya.
11. Penilaian
a. Teknik : Merespon ungkapan/menggunakan ungkapan
secara lisan dan tulis
b. Bentuk : Pertanyaan lisan
c. Instrument : Give
your responses orally based on the situations.
1.
You are a new students in
the school, so introduce yourself to another student, what do you say?
2.
You and your mother are at
the mall then you meet your friend, introduce your mother to her/him. What do
you say?
3.
You invite your friend to
go to your house to do homework together, what do you say?
4.
You cancel your promise to
go to the cinema with your friend because your mother is sick, what do you say?
Rubrik Penilaian :
Kriteria |
Jika respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan lancar.
|
Jika respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan tidak
lancar.
|
Jika respon benar, ucapan benar, intonasi salah, dan pengucapan tidak
lancar.
|
Jika respon kurang tepat, ucapan salah, intonasi salah, dan pengucapan
tidak lancar.
|
Nilai
|
100
|
90
|
80
|
70
|
12. Sumber dan Bahan
1. Sumber : Platinum,
Cpntextual English 1
2.
Bahan : Tape, Kaset/Player, CD
Mengetahui, Bekasi,
Juli 2012
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Ir.
H. Kusnaedi, M.M. Andrian,
S.Pd
NRP. NRP.
040817
Tidak ada komentar:
Posting Komentar